Rabu, 09 Maret 2011

Pengertian dan Definisi dalam Olahraga

Tugas MK Latihan Kondisi Fisik
1.      Sebutkan defenisi atau pengertian tentang ;
a.      Kekuatan
b.      Kelentukan
c.       Kecepatan
d.      Daya tahan
e.      Kelincahan
f.        Koordinasi
g.      Keseimbangan
h.      Power
i.        Daya ledak ( explosive power )
j.        Kecepatan  reaksi
k.       Waktu reaksi

Jawab :

1.      Defenisi atau pengertian dari ;
a.      Kekuatan  adalah Kemampuan otot untuk membangkitkan tegangan terhadap suatu tahanan.
b.      Kelentukan adalah kemampuan untuk melakukan gerakan dalam ruang gerak sendi . kecuali ruang gerak sendi , kelentukan juga ditentukan oleh elastic  tidaknya otot – otot, tendon, dan ligament.
c.       Kecepatan adalah kemampuan untuk melakukan gerakan – gerakan yang sejenis secara berturut – turut dalam waktu yang sesingkat – singkatnya atau kemampuan untuk menempuh suatu jarak dalam waktu yang sesingkat – singkatnya.
d.      Daya tahan adalah kemampuan untuk mempertahankan suatu kontraksi statis untuk waktu yang lama.
e.      Kelincahan adalah kemampuan untuk mengubah arah dan posisi tubuh dengan cepat dan tepat pada waktu sedang bergerak, tanpa kehilangan keseimbangan dan kesadaran akan posisi tubuhnya.
f.        Koordinasi adalah kemampuan untuk meng-kombinasikan beberapa gerakan tanpa ketegangan, dengan urutan yang benar, dan melakukan gerakan yang kopleks secara mulus tanpa pengeluaran energy yang berlebihan. Dengan demikan hasilnya adalah gerakan yang efisien, halus, mulus (smooth), dan terkordinasi dengan baik. (Broer dan Zarnicke : 1979 ).
g.      Keseimbangan adalah kemampuan untuk mempertahankan system neuromuscular kita dalam kondisi statis atau mengontrol system neuromuscular tersebut dalam suatu posisi atau sikap yang efesien selagi kita bergerak.  ( Barrow dan McGee : 1979 ).
h.      Power adalah hasil dari kekuatan dan kecepatan. Disamping itu para ahli mengatakan bahwa power adalah kemapuan otot untuk mengatasi tahanan dengan kontraksi yang sangat cepat.
i.        Daya ledak ( explosive )  adalah kemampuan otot atau sekelompok otot seseorang untuk mempergunakan kekuatan maksimal yang dikerahkan dalam waktu yang sependek-pendeknya atau sesingkat-singkatnya. Unjuk kerja kekuatan maksimal yang dilakukan dalam waktu singkat ini tercermin seperti dalam aktivitas tendangan tinggi, tolak peluru, serta gerak lain yang bersifat eksplosif.
j.        Kecepatan reaksi adalah  gerakan yang dilakukan tubuh untuk menjawab secepat mungkin sesaat setelah mendapat suatu respons atau peristiwa dalam satuan waktu.
k.      Waktu reaksi adalah waktu di antara pemberian rangsangan ( stimulus ) dengan gerakan pertama.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar